Blender merupakan OSS (Open
Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di
berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara
komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Untuk spekifikasi yang dibutuhkan
untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
Intel pentium III atau lebih/ AMD
dsbg
Ram 64Mb
VGA 4Mb
Disk Space 35Mb
Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan
seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta
siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time
memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri
sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai,
rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear,
scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender tersedia untuk berbagai
sistem operasi, seperti:
Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi
GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat
diambil siapa saja.
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat
mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti
Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur
yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open
Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan
salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis
masing-masing.
Fitur termasuk:
Model: Obyek 3D tipe, termasuk
jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung
kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
Rigging: Skeleton kode ciptaan;
Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
Animasi: animasi editor
non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose
editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
Rendering: raytracer inbuilt;
oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel,
lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar
lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus;
Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
UV unwrapping: Laurent dan metode
Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff
proporsional mengedit peta UV
Shading: membaur dan shader
specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
Fisika dan Partikel: sistem
Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime
tubuh lembut
Imaging dan Komposisi: multilayer
OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8
mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V
menyebar plits
Realtime 3D/Game Penciptaan:
editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape:
polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh
segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk
kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting;
Audio
Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL
seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows
(98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi
lainnya .
Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng
memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar